logo
  • September 27, 2019
  • Berita
  • Comments Off on PIMWAN DILANTIK, DPRD Mulai Aktif

PIMWAN DILANTIK, DPRD Mulai Aktif

Cilacap – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Cilacap periode 2019 – 2024 yang terdiri dari ketua dan tiga wakil ket ua, resmi dilantik dalam rapat peripurna DPRD Cilacap, Kamis (26/9) kemaren.

                Empat pimpinan DPRD yang dilantik dan diambil sumpah yaitu Taufik Nurhidayat sebagai Ketua DPRD dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ), Sindy Syakir sebagai Wakil Ketua DPRD dari Partai Golongan Karya ( Golkar ), Saiful Musta’ in sebagai Wakil Ketua DPRD dari Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) dan Purwati sebagai Wakil Ketua dari Partai Gerakan Indonesia Raya ( Gerindra ).

                Ketua DPRD Cilacap, Taufik Nurhidayat mengatakan, mulai hari ini seluruh anggota dewan akan mulai bekerja. Diawali dengan membentuk alat kelengkapan dewan sehingga pada tanggal 30 September 2019 nanti badan musyawarah bisa terlaksana dengan baik.

“ Ke depan yang sudah baik akan lebih baik dan yang kurang aspiratif akan ditingkatkan. Alat kelengkapan dewan terbentuk dan tanggal 30 September harapannya banmus dan kegiatan DPRD  yang panduannya jelas dari tatib sudah dilaksanakan dengan baik, “ kata dia.

                Dikatakan, DPRD akan bekerjasama dengan badan eksekutif Pemerintah Kabupaten Cilacap. Ke depan fungsi DPRD sebagai legeslasi akan dimaksimalkan. Dalam pembuatan Perda, mereka akan menyerap seluruh aspirasi di “ public hearing “. Sehingga tidak akan ada masalah di masyarakat.

                “ Terkait Perda tata ruang, kita akan kaji dan selesaikan. Perda yang sudah dibuat, kami meminta bupati sebagai eksekutif untuk dikelurkan Perbubnya. Jangan sampai kita terjebak membuat Perda dan tidak adanya Perbubnya,” pungkasnya.

                Bupati Cilacap dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, berharap jalinan Kerjasama antara eksekutif dan legeslatif yang sudah baik selama ini bisa terus ditingkatkan, karena lembaga DPRD Kabupaten Cilacap adalah mitra kerja dan berkedudukan sejajar dengan Pemkab Cilacap dengan peran dan fungsinya masing – masing untuk membangun dan memajukan Kabupaten Cilacap.

                “ Untuk itu perlu ada kerjasama yang baik tidak saja di jajaran DPRD itu sendiri tetapi juga dengan jajaran eksekutif dan berbagai pihak lainnya agar fungsi tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, “ kata Syamsul.

                Dalam Rapat Paripurna tersebut juga dilaksanakan pelantikan dan pengmbil sumpah dua anggota DPRD yang tidak menghadiri pelantikan pada 13 Agustus lalu, karena masih menunaikan prosesi ibadah haji di tanah suci, masing – masing Wiwiek Yuning Prapti dari Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) dan Imam Fauzi dari Partai Amanat Nasional ( PAN ).

                Terkait pelantikan Pimpinan DPRD, Koordinator LSM Seroja Cilacap Ekanto Wahyuning Santoso mengharapkan ada suatu terobosan yang signifikan. Belajar dari kinerja DPRD Kabupaten Cilacap periode 2014 – 2019, yang dinilai cukup monoton, maka DPRD periode 2019 – 2024 diminta bisa lebih inovatif.

                Dengan dilantiknya pimpinan DPRD Cilacap definitive, dia berharap kinerja DPRD ke depan akan lebih optimal, akan lebih kritis. Serta mempunyai daya bargaining positif yang lebih tinggi terhadap eksekutif. “ Sehingga apa yang menjadi harapan rakyat selaku pemilih akan bisa terakomodir secara baik dan optimal, “ imbuhnya.

                Kepemimpinan DPRD yang bersifat kolektif kolegial juga harus dihormati semua pihak yang ada di DPRD, sehingga tidak aka nada yang bekerja hanya untuk kepentingan atau keuntungan golongan atau kelompoknya saja.

                Dia meyakini dengan konfigurasi pimpinan saat ini, bila ada kemauan dan keseriusan, marwah dan kewibawaan DPRD akan diperhitungkan semua pihak. Namun dengan catatan bahwa mereka benar – benar berniat bersama sama bekerja untuk kepentingan rakyat.

                “ DPRD saat ini juga jangan hanya berpikir tentang Pokir ( pokok – pokok pikiran ) saja, yang saya anggap lingkupnya terlalu kecil. Tetapi harus berani membaut terobosan – terobosan positif yang signifikan dan berarti bagi masyarakat Cilacap, “ tandasnya.


%d bloggers like this: